Banner
Kementerian Pendidikan
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
perlukan mata pelajaran Informatika di berikan di SMP?
Tidak Perlu
Perlu
  Lihat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 21086
Pengunjung : 6665
Hari ini : 12
Hits hari ini : 222
Member Online : 0
IP : 54.198.246.164
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

nugroho_ahmad2000@yahoo.com    smpn_9_yk@yahoo.co.id

SPELANTA Tanggap Bencana

Tanggal : 02/06/2019, 11:24:16, dibaca 116 kali.

SPELANTA Tanggap Bencana: Siswa Siaga, Selamat dari Bencana

SMP Negeri 9 Yogyakarta bekerja sama dengan MRI-ACT DIY untuk memberikan sosialisasi tanggap bencana kepada siswa dan  civitas akademik sekolah pada 18 Januari 2019. Kegiatan ini didasari oleh terjadinya beragam bencana di berbagai wilayah tanah air selama rentang waktu 2018. Wilayah Yogyakarta juga memiliki potensi bencana, seperti tsunami di sepanjang Laut Jawa bagian selatan, gempa bumi di Bantul , kekeringan di Gunungkidul, hingga ancaman erupsi Gunung Merapi.

Kerjasama sekolah dengan MRI-ACT DIY merupakan respon preventif tim DER (Disaster Emergency Response) pihak ACT DIY untuk mengadakan pelatihan mitigasi kebencanaan yang bertajuk “Humanity Day”. Acara dimulai pukul 08.00 WIB di Aula dan dilanjutkan di lapangan SMPN 9 Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh 120 siswa yang masing-masing merupakan perwakilan kelas 7 dan 8.

Tim DER ACT DIY memberikan materi dan tips menanggulangi bencana. Pelatihan mitigasi berfokus pada tiga tema, yaitu bencana gempa bumi, angin puting beliung, serta simulasi pemadaman kebakaran. Setelah mendapat materi di aula, siswa diajak untuk simulasi pemadaman api pada drum api dan tabung gas elpiji. Siswa dilatih untuk tidak panik pada saat terjadi kebakaran ataupun ada kebocoran tabung gas. Beberapa perwakilan siswa dan guru ataupun karyawan mencoba untuk memadamkan api pada drum api menggunakan peralatan lengkap, mulai dari jaket hingga tabung oksigen.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai potensi bencana di Yogyakarta dan membekali siswa untuk dapat mengerti cara-cara penanggulangan bencana, minimal cara evakuasi diri saat terjadi bencana. Acara berjalan lancar dan sukses.

Selain bekerjasama untuk melaksanakan sosialisasi tanggap bencana, SMP Negeri 9 Yogyakarta juga sering menyalurkan donasi bencana wilayah Indonesia melalui ACT DIY. Dana yang terkumpul merupakan donasi dari seluruh warga SMP Negeri 9 Yogyakarta, mulai dari siswa hingga seluruh civitas akademik sekolah. Kerjasama kedua belah pihak tersebut saling menguntungkan dengan tujuan yang sama yaitu untuk kemanusiaan.




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas