Banner
Kementerian Pendidikan
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
perlukan mata pelajaran Informatika di berikan di SMP?
Tidak Perlu
Perlu
  Lihat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 15353
Pengunjung : 4200
Hari ini : 19
Hits hari ini : 57
Member Online : 0
IP : 54.227.76.35
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

nugroho_ahmad2000@yahoo.com    smpn_9_yk@yahoo.co.id

Latihan Dasar Kepemimpinan, OSIS Spelanta Siap Menjadi Pemimpin

Tanggal : 03/14/2019, 14:39:20, dibaca 94 kali.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 9 Yogyakarta baru saja memasuki pergantian periode kepengurusan. Periode tahun 2019/2020 ini, OSIS Spelanta diketuai oleh Meisy Dwi Jayanti (VIIIF). Mengawali periode kepengurusan, OSIS melaksanakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan yang bertujuan untuk membekali pengurus dalam melaksanakan tugas selama kepengurusan dan juga mengupgrade kapasitas serta semangat organisasi. Kegiatan ini diikuti oleh 55 siswa pengurus OSIS dan 15 pembina OSIS dari Bapak/Ibu guru.

Latihan dasar kepemimpinan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Februari 2019 di Cemara Sewu, Bantul, Yogyakarta. Peserta berkumpul di sekolah pada pukul 07.00 dan memulai acara di Cemara Sewu pada pukul 08.30. Lokasi yang dipilih memang sengaja outdoor atau di luar sekolah dengan tujuan pengurus OSIS dapat belajar dari dan pada alam. Kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 15.30 WIB.

Jargon yang diusung dalam acara latihan dasar kepemimpinan tersebut adalah “Mantap Jaya (Manjay)” sebagai bentuk semangat peserta mengikuti serangkaian acara. Pada LDK kali ini, OSIS Spelanta juga membuat sebuah tepuk dan jargon OSIS sebagai salah satu bentuk kekompakan mereka. Teriakan “Ready for The Better Work” selalu menggema selama acara berlangsung. Jargon tersebut mengartikan bahwa pengurus OSIS periode ini siap untuk bekerja dan berkarya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah, Drs. Sugiharjo, M.Pd dan dilanjutkan dengan materi kepemimpinan dan manajemen organisasi oleh Bapak Sumarjo. Pada sesi tersebut, pengurus OSIS dibekali bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan memanajemen diri dalam sebuah organisasi. Setelah itu, ice breaking diisi dengan silang kado oleh peserta. Selain itu, peserta juga diuji kekompakan dan kebersamaan dalam tim melalui outbond.

Outbond terdiri dari 5 pos dan diakhiri dengan wide game. Peserta dibagi menjadi 7 kelompok secara acak. Permainan yang ada antara lain Radar (Ranjau Darat), Estafet Tepung, Ular Naga Air, Balon Move On, dan Laser Web. Semua permainan bertujuan untuk melatih peserta dalam kekompakan, kerja sama, kepercayaan pada teman, konsentrasi, teliti, dan disiplin. Setelah semua kelompok melewati 5 pos, outbond ditutup dengan wide game. Setiap kelompok harus mencari barang-barang di sekitar area, seperti lem, tusuk sate, karton, HVS, dan spidol dalam waktu 2 menit. Setelah 2 menit, apa saja barang yang ditemukan setiap kelompok harus disulap menjadi sesuatu hal yang bermakna dan berkaitan dengan keorganisasian. Selanjutnya, setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya di depan kelompok lain.

Seusai outbond, peserta berserta pendamping melakukan sesi foto bersama dan ISHOMA. Setelah istirahat, sholat, dan makan, peserta dan pendamping kembali berkumpul di pendopo untuk melaksanakan rapat kerja OSIS. Rapat kerja dilaksanakan dengan tujuan memfiksasi program kerja OSIS setahun ke depan. Rapat kerja dipimpin oleh ketua OSIS periode sebelumnya, Amelia Ratu Berliana didampingi oleh pengurus harian yang baru.

Acara berlangsung lancar dan kondusif. Peserta menikmati dan mengikuti dengan baik rangkaian acara dari awal hingga akhir. Dengan adanya LDK tersebut dapat memantapkan jiwa kepemimpinan masing-masing pengurus OSIS sehingga dapat memajukan OSIS Spelanta untuk semakin jaya. OSIS Spelanta, Ready for The Better Work!

 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas