Banner
Divisi Data Litbang DikbudKementerian Pendidikan
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
perlukan mata pelajaran Informatika di berikan di SMP?
Tidak Perlu
Perlu
  Lihat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 42516
Pengunjung : 17834
Hari ini : 36
Hits hari ini : 80
Member Online : 0
IP : 18.232.125.29
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

nugroho_ahmad2000@yahoo.com    smpn_9_yk@yahoo.co.id

SPELANTA Juara Bebras 2019

Tanggal : 02/14/2020, 09:31:46, dibaca 17 kali.

Salah satu siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta memenangkan kompetisi Bebras Computational Thinking Challange dengan skor sempurna, 100. Atas nama M. Izzudin Prakosa siswa kelas VIII F. Kompetisi bebras Computational Thinking Challage 2019 diadakan secara serentak di seluruh indonesia pada tanggal 11-15 November 2019 melalui biro Bebras yang merupakan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Tantangan bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional. SMP Negeri 9 Yogyakarta di bawah binaan Biro Bebras Universits Ayma Jaya Yogyakarta mengikutkan 30 siswanya untuk mengikuti kompetisi tersebut. Secara keseluruhan kompetisi ini diikuti oleh 2900 peserta dari seluruh Indonesia, 20 peserta tingkat penggalang sebutan untuk siswa SMP mendapat nilai sempurna 100, salah satunya adalah siswa SMP N 9 Yogyakarta M. Izzudin Pakosa.

 

Secara harfiah, “Bebras” adalah kata dalam bahasa Lithuania, yang berarti “berang-berang” dalam bahasa Indonesia. Prof. Valentina Dagiene dari Universitas Vilnius, Lithuania adalah yang mencetuskan gagasan Bebras Computational Thinking Challenge, yang saat ini diikuti oleh lebih dari 55 negara di dunia.

Selama Kompetisi, siswa harus memberikan solusi untuk persoalan yang disebut “Soal Bebras”. Soal-soal yang bertema komputasi/informatika ini dirancang semenarik mungkin, dan seharusnya dapat dijawab oleh siswa tanpa pengetahuan sebelumnya tentang komputasi atau informatika.

Setiap soal Bebras mengandung aspek komputasi atau informatika dan dimaksudkan untuk menguji bakat peserta untuk berpikir komputasi atau informatika. Untuk menjawab soal-soal Bebras, secara alamiah, siswa dituntut untuk berpikir terkait dengan informasi, struktur diskrit, komputasi, pengolahan data, serta harus menggunakan konsep algoritmik.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas